My Pathway To Become NTU Student : Is It My Best Decision?



"The hardest part of reach our dreams is to determine the best decision". Kita semua pasti mempunyai mimpi yang besar. Maybe some of you want to be the great scientist which generate the exceptional innovation, the great entrepreneur, the engineer which can make the better technology, or anything else. Untuk mencapai impian yang besar itu, pastinya kita akan bersungguh-sungguh dalam usaha kita. Namun, kita tak selamanya menjalani usaha tersebut dengan mudah. Bahkan, kita mungkin nantinya akan dihadapkan dengan 2 pilihan yang rumit dan kita mengharuskan untuk memilih salah satu di antaranya. It is the hardest part. Why? Tiap pilihan mungkin akan sangat menentukan masa depan kita.

Seperti yang sudah gua ceritain di postingan sebelumnya, gua (waktu itu) sedang menunggu-nunggu email panggilan interview full scholarship. Rasanya campur aduk, di sisi positif, gua merasa yakin gua akan dipanggil untuk interview karena 'katanya' jika dapet di jurusan pilihan pertama sekaligus jurusan yang favorit, chance dipanggilnya makin gede. Namun di sisi negatif, gua merasa kayak ketakutan yang berlebih, gelisah ga menentu, cape digantungin terus, dan masih banyak. Gua cari-cari tau tentang interview full scholarship NTU di blog-blog orang. Ada yang bilang kalau kita merupakan salah satu calon kandidat penerima beasiswa full, kita bakalan diemail 3 hari setelah pengumuman test, tapi ada juga yang bilang seminggu baru diemail. Di tes NTU ini gua cuma punya 1 kenalan doang, namanya Bariq, dia seangkatan sama gua dan udah dapet bangku di STEI ITB :) Btw dia juga lolos tes NTU, dapet jurusan Materials Engineering, tapi pilihan ke-5 nya .-. . Mungkin karena itu, gua jadi susah nyari info juga tentang interview ini.

Sudah 4 hari lamanya setelah pengumuman tes, gua belum dapet email apapun. Gua masih berusaha berpikir positif saat itu. Karena gua pengen lebih tau tentang kuliah di NTU itu gimana, kehidupannya gimana, agar lebih jelas, gua chattingan sama temen gua yang udah di NTU, namanya Lucas, dia udah hampir setahun di jurusan Electrical & Electronics Engineering (EEE), tapi dia sedang berusaha pindah jurusan gitu ke CS atau Math (fyi jadi di NTU itu bisa pindah jurusan tanpa harus ngulang kuliah dari awal). Nah di tengah-tengah pembicaraan gua singgung tentang interview, tiba-tiba temen gua itu ngasih info kalau sebenernya yang berkesempatan dapat full scholarship udah diemail dari kemarin. Dia tau ini dari kenalannya (anak OSN) yang tes juga tahun ini dan lolos. Gua kayak langsung hopeless gitu :( Tapi gua kayak masih berusaha berpikir positif, "oh mungkin yang gua belom kali ya, 3 hari lagi mungkin". Yaudah kita masih lanjut chat waktu itu.

Waktu terus berjalan, gua hampir tiap hari cek email, ga ada apa-apa. Gua berharap banget bisa dapet kesempatan interview. Tapi sampai 2 minggu setelah pengumuman pun, ga ada email masuk dari pihak NTUnya. Dari situ gua menyimpulkan bahwa gua kayaknya fix ga dapet beasiswa fullnya. Bagian tersulit dimulai. Gua harus memutuskan apakah gua ambil tawaran dari NTUnya atau gua stay aja di TI UI. Gua diberi kesempatan oleh NTU untuk memutuskan hal ini sekitar 1 minggu lagi. Sumpah lah dalam seminggu itu ini kokoro (re: hati) kayak terombang-ambing. Bingungnya minta ampun karena sometime gua yakin gua bakal lanjut NTU, tapi ga lama kemudian hati gua berubah lagi dan ingin stay di TI UI aja. Bener-bener labil kan :(( Gua bisa bingung begini karena gua ga terlalu punya banyak informasi terkait biaya kuliahnya. Jadi memang pemerintah SG mempunyai program bantuan finansial yang namanya Tuition Grant (TG). Pemerintah SG berkolaborasi dengan NTU dengan memberikan dana berupa tuition fee untuk mahasiswa baru NTU (tiap tahun ada) dengan syarat ikatan kontrak bekerja di perusahaan SG selama 3 tahun. Sebenernya di web NTU sudah dijelaskan tentang hal ini, namun gua masih menemukan ambiguitas apakah TG ini mengcover semua biaya tuition feenya, atau cuma parsial. Selain TG juga, NTU bekerja sama dengan bank-bank di SG. Jadi bank di SG memberikan bantuan dana juga berupa loan buat living expenses, namanya Study Loan. Loan yang dapat dipinjam terbatas dan loan tersebut juga harus diganti setelah kita lulus dengan bunga 0%.

Waktu berpikir sudah hampir habis, mau gamau gua harus menentukan gua lanjut ke NTU atau tidak. Jujur masih bingung waktu itu, karena kalo gua ga nentuin gua lanjut atau engga (di link yang disediakan), gua dianggap mengundurkan diri. Sayang banget kan :( Berhubung katanya bisa withdrawal from acceptance (mengundurkan diri) setelah kita accept dulu offernya, pada akhirnya gua ACCEPT offernya. Gua berpikiran mungkin setelah gua accept offernya terdapat informasi yang bisa menentukan keputusan gua. Yasudah setelah accept, gua harus isi beberapa data, dan akhirnya gua punya Matriculation Number sebagai Student of NTU.

Setelah ini gua kembali beraktivitas normal gua di UI. Sore-sore saat kelas MPKTA (matkul gabut di UI wkwkwk) gua diundang sama temen gua buat masuk group line PINTU 2019. Wah waktu itu cukup seneng juga karena segrup sama yang lulus tes taun ini dan juga kakak-kakak yang udah di NTU yang mau memberikan informasi-informasi apa aja terkait NTU dengan hangat. Yang sudah disebutkan sebelumnya, gua bertujuan buat mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa menentukan keputusan terberat gua selama ini. Maka dari itu gua akhirnya pc salah satu kating dan gua tanya sebanyak-banyaknya. Setelah mengobrol panjang dan sudah mendapatkan informasi yang gua mau, akhirnya gua memutuskan untuk .....


Mengundurkan diri.


Iya, mengundurkan diri. Alasan utama kenapa pada akhirnya gua mengundurkan diri adalah ...... biaya. Jadi, Tuition Grant tidak mengcover semua tuition feenya. Walau kata kakaknya bisa loan ke sana ke sini dan bursary ke sana ke sini, itu cuma mentok sampai gua hanya harus membayar 5000 SGD per tahun (sekitar 52 juta rupiah per tahun). Awalnya itu sebesar 31500 SGD per tahun tanpa tuition grant dan loan. Mungkin itu ngurangnya udah banyak banget, tapi tetep aja .... ortu gua ga mampu untuk membayar segitu ._. Sejenak nangis, karena impian gua selama ini bisa lanjutin kuliah di jurusan tekim (yang gua pengen banget) apalagi di kampus sehebat NTU, harus terhenti sekarang ._. Gua gabisa maksain ego gua. Walau ortu mau mengorbankan segala yang ada dan pinjam uang ke sana ke sini, walau saudara mau membantu, tetep aja gua ga tega ._. Papaku terkena stroke.... dan sudah 1 tahun lamanya tidak bekerja. Mamaku hanya Ibu Rumah Tangga biasa, mamaku mencoba buat berjualan makanan-makanan, namun itu tidak seberapa, cuma cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masih bersyukurnya untuk pengobatan papa itu ditanggung sama saudara-saudara. Aku adalah anak pertama, aku punya adik yang masih kelas 1 SMK. Di sela-sela waktu kuliah, gua mencoba mengajar bimbel untuk menambah uang saku gua dan membantu ortu jika tiba-tiba ortu membutuhkannya. Satu hal yang sangat memotivasi gua adalah, Papa dan Mama gua menaruh kepercayaannya pada gua , mereka percaya kalo gua bakal bisa jadi orang yang sukses dan gua pun yakin tentang hal itu. 

Dan pada akhirnya, gua harus melanjutkan apa yang sudah dimulai, atau mungkin gua harus memulai hal yang baru. Entah, apakah ini adalah keputusan terbaik atau tidak. Mungkin saja nantinya gua menyesal, mungkin saja tidak. Yang terpenting adalah gua tetap berusaha sekeras mungkin mencapai impian-impian gua dan menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa membanggakan kedua orang tua gua.

Mungkin di postingan berikutnya gua bakal share alasan 'utama' gua kenapa gua mencoba mengikuti seleksi NTU padahal gua sudah memiliki "kursi empuk" di Teknik Industri UI.

Jika dirasa postingan ini menginspirasi kalian, bisa tolong dishare ya hehe. Kalau mau tanya-tanya, bisa ketik di kolom komentar ya :) Terima kasih! Sampai jumpa di postingan berikutnya!

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "My Pathway To Become NTU Student : Is It My Best Decision?"

  1. Semangat kang, pasti ada waktu nya untuk meroket, semua orang punya obstacle hidup masing2. Jangan kendor belajar sama cari scolarship yang lain. Mungkin aja NTU bukan rejeki terbaik kang Ronald, tuhan masih menyimpan yang lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Rey! Semoga masuk jurusan yang diinginkan juga ya! Semangat juga

      Hapus
  2. Keren bgt perjalanannya bang! Anw, abang yang bagiin kisah di channel youtube itu ya bang? Saya nonton, keren bgt pokoknya, sukses trs ya!

    BalasHapus