Pengalaman Beasiswa Monbukagakusho S1 (Gakubu) 2020


Halo mina-san!! Bagaimana hari kalian? Cie akhirnya ada yang nanyain ya HAHA, aku bercanda deng. Btw aku udah lama banget ga nulis lagi di blog - ga ada yang nanya sih wkwk - hehe pada postingan ini aku mau ceritain pengalaman aku ikut beasiswa Monbukagakusho/MEXT untuk jenjang S1 (Gakubu) 2020. Fyi, mengikuti monbu untuk tahun keberangkatan 2020 adalah kedua kalinya bagi aku. Di percobaan pertama aku gagal di akhir seleksi. Mungkin sebagian dari kalian udah tau kalo beasiswa ini sangat menguras waktu, tenaga, dan batin, tapi kenapa aku memutuskan untuk ikut lagi untuk kedua kalinya? mungkin kalian bertanya-tanya hehe. Jadi sebenernya aku ada alasan tersendiri dan ini berkaitan dengan personal life aku. Mungkin kalo kalian pengen tau ceritanya dan pengen tau lebih lanjut tentang aku sebelum kalian baca pengalaman aku ikut Monbukagakusho kalian bisa baca di sini hehe. I hope you get dat feeling :") 

Apa itu Monbukagakusho?

Bagi kalian yang belum tau apa sih beasiswa Monbukagakusho, aku jelasin singkat aja ya soalnya blog aku bukan website kedubes Jepang hehe :) jadi beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa  FULL yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang untuk siswa SMA atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Universitas yang ada di Jepang. Nah jadi beasiswa MEXT ini banyak jenisnya, ada yang D2, D3, S1, bahkan S2. Nah aku ikut yang S1 atau sering disebut Gakubu. Sebelum berkuliah di universitas, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang. Total masa belajar yaitu 5 tahun (bagi yang memilih bidang studi kedokteran, total masa belajar yaitu 7 tahun). Karena beasiswa ini bersifat full, nantinya para grantee akan mendapatkan uang saku sebesar 117000 yen atau sekitar 15 juta rupiah per bulan dan juga uang sekolah akan ditanggung semuanya. Jadi kepo ya? Mau info lebih lanjut? langsung kunjungi web kedubesnya aja hehe nih aku kasih, kalian tinggal klik di sini

Pengalaman Seleksi Monbukagakusho

So, seleksi monbu itu panjang banget gaes! udah panjang, LAMA BANGET! bagi yang ingin mengikuti monbu, harus siap mental akan digantungin berbulan-bulan hehe :) Seleksi monbu dibagi jadi 2 fase, fase pertama (Primary Screening) itu saingannya se-indo, ada seleksi berkas, tes tulis, sama wawancara. Nah kalo kalian udah lolos seluruh proses Primary Screening, kalian telah menyandang title "Calon Kandidat Monbukagakusho Indonesia", jadi belum fix dapet beasiswanya karena berkas kalian, nilai ujian tulis kalian, dan nilai wawancaranya akan diadu kembali dengan calon kandidat dari negara lain, fase yang kedua ini disebut Secondary Screening. Dengan secara ga langsung, saingan kalian itu sebenarnya sedunia gaes :")

Primary Screening

1. Seleksi Berkas
Tahap pertama yang aku jalani adalah seleksi berkas. Tahap ini sekitar pertengahan bulan April 2019 untuk alumni. Kalo yang baru lulus SMA itu biasanya baru dibuka sekitar pertengahan bulan Mei. Untuk mengikuti beasiswanya, kalian harus daftar online dan mengisi formnya. Nah di sini kalian milih lokasi ujian jika nanti kalian dipanggil buat tes tulis, ada Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. Aku milih Jakarta. Nanti setelah selesai dapet deh no peserta ujiannya hehe nah ini no peserta aku.



Btw nama ku cuma "Ronald" aja udah wkwk irit banget ye ortu aku -.- Setelah aku daftar online, aku harus nyiapin berkas-berkas yang diperlukan dan dikirim ke kedubes Jepang di Jakarta. Karena Jakarta deket, aku anter langsung berkas-berkasnya ke kedubes Jepang. Aku inget banget aku ngirim berkasnya itu senin pagi ke siang abis kelas Aljabar Linier HAHA dan seharusnya habis itu ada forkat (forum angkatan) jurusan cuma aku ga ikut hehe maaf teman-teman :(

Di application formnya kalian dapat memilih 3 jurusan yang kalian inginkan. Aku ambil IPA-A, jurusan pertama aku Chemical Engineering, jurusan kedua aku Information Engineering, jurusan ketiga aku kosongin hehe. Alasan aku ambil Chemical Engineering karena aku bener-bener suka kombinasi ilmu matematika, fisika, dan kimia. Aku juga suka banget liat proses-proses reaksi kimia dan tertarik banget kerja di perusahaan oil & gas (Aamiin-in ya gaes hehe :") ). Aku taro Information Engineering di second choice karena aku juga tertarik dengan data science, cuma sampe sekarang belum nyoba-nyoba programming -.-

Tips & Tricks Seleksi Berkas:
1) Fyi yang daftar seleksi berkas monbu S1 (Gakubu) itu ribuan orang dan yang akan dipanggil buat ikut tes tulis hanya 200-an, maka dari itu agar kalian bisa lolos seleksi berkas nilai UN mapel MTK, FIS/KIM/BIO, dan B.ING harus bagus banget dan rata-ratanya usahakan di atas 90 biar aman (walau syarat minimal adalah 84)
2) Jangan sampe ada berkas yang kurang
3) Harus niat isi Application Formnya, khususnya di bagian essay. Usahakan sebagus mungkin alasan kalian memilih jurusan yang kalian pilih dan mengapa kalian memilih Jepang, namun perhatikan bahwa kalian harus jujur ya, ga dilebih-lebihkan dan juga ga dikurang-kurangi hehe
4) Perhatikan deadline. Kedubes ketat tau haha
5) Berdoa

Pengumuman peserta yang lolos ke tahap tes tulis diumumkan sekitar awal bulan Juli. Lama banget gila kan wkwk nah sambil nungguin pengumuman aku belajar buat tes tulisnya. Aku mulai belajar  intense buat tes  itu dari awal Juni sampai akhir Juni. Karena aku milih IPA-A, nantinya aku bakal dapet tes kimia, fisika, matematika, bahasa inggris, sama bahasa jepang. Selama sebulan itu aku belajar mati-matian buat kimia, fisika, sama matematikanya. Metode belajar aku itu belajar materinya dulu yang sekiranya aku kurang bisa, jadi kayak review materi lagi nah kalo udah baru ngerjain soal-soal monbu taun-taun lalu. Karena standar soal monbu lumayan advance, aku belajar materi dari buku-buku kuliah. Khusus untuk kimia, kalian harus lebih fokus ke kimia organik karena di Indo ga terlalu ditekenin banget kimor sedangkan soal monbu kimia banyak banget kimornya. Sistem aku latihan soal adalah aku ngerjain seperti simulasi testnya, jadi aku pake timer sesuai dengan waktu tesnya. Untuk seluruh mapel waktu ujiannya itu 60 menit, jadi selama 60 menit aku kerjain soal-soalnya baru kalo udah selesai liat kunci jawaban baru diliat deh dapet score berapa hehe. Aku dalam waktu sebulan itu bener-bener aku libat habis soal-soal taun lalu dari tahun 2007-2016. Bagi kalian yang mau liat soal2nya bisa klik di sini

2. Tes Tulis
Pengumuman yang lolos seleksi berkas itu tanggal 1 Juli 2019. Alhamdulillah aku masih diberi kesempatan buat ikut tes tulis lagi untuk kedua kalinya wkaka sebelumnya aku takut ga lolos karena anak 2019 UN nya bagus2 parah :( tapi aku mikir kalo memang monbu bukan jalan aku aku berharap mending gagal dari awal aja dari pada gagal  di akhir, namun Allah memberikan jalan buatku untuk lanjut berusaha. Btw yang lolos ke tes tulis untuk Gakubu (S1) ada sekitar 210 orang, itu udah total IPA dan IPS.

Tes tulis dilaksanakan pada tanggal 9-10 Juli 2019 di PSJ UI. Bener2 1 minggu doang selang waktunya wkaka btw tempatnya di kampus aku juga jadi kayak udah tau dan ga ribet nanti ke tempat tesnya haha aku cukup bersyukur jadinya karena tes monbu keberangkatan 2019 dilaksanain di kedubes Jepangnya langsung buat peserta yang milih lokasi ujian di Jakarta. Aku selama seminggu sebelum tes aku ga terlalu ngepush banget sih belajarnya aku kayak cuma review2 materi aja takutnya aku lupa. Hal ini cukup penting untuk tidak terlalu nervous nantinya hehe.

Tanggal 9 Juli akhirnya tiba. Di hari pertama ada tes subject kimia dan fisika. Jujur sih sebelum tes aku takut banget karena berhubung no peserta aku paling awal makanya aku duduk paling depan dan berhadap2an langsung dengan pengawas ujiannya hehe :) cuma aku tetep mencoba untuk tenang. Tes pertama yaitu kimia. Alhamdulillah yang aku pelajarin ada semua jadi lancar banget ngerjainnya walaupun tingkat kesulitannya jujur jauh lebih susah dibanding soal tahun 2019. Soal Kimia Gakubu 2020 bener2 lebih kompleks soalnya dan banyak banget komponen2 soalnya, waktu 60 menit rasanya sangat ngepas banget :") waktu berakhir dan  alhamdulillah lembar jawabanku terisi semua tapi ga sempet cek ulang. Aku sangat bersyukur waktu itu karena bisa yakin nilaiku bisa di atas 85/100.

Next yaitu Physics/Fisika. Waktunya sama 60 menit. Seperti biasa sebelum aku memulai menjawab soal aku berdoa terlebih dahulu. Di buka lembar soal pertama, aku disajikan soal yang super mudah, dari situ aku mulai menganggap remeh kalo soal fisika gakubu kali ini bakal gampang. Buka lembar2 soal berikutnya, DUAR! Dibuat blank aku :") Sumpah susahnya luar biasa, konsep bener2 main banget. Walaupun PG, bakal susah banget nebak jawabannya karena optionnya bisa lebih dari 5 -.- Fisika ini ada 5 soal induk, tiap induk ada 5 soal anak. Induk pertama yang biasanya gampang aku banyak yang ngestuck :" induk kedua tentang listrik dan induk ketiga tentang momentum alhamdulillah lancar. Induk keempat tentang gaya archimedes, asli ini susah banget, di section ini gua cuma bisa nebak aja, gatau bener atau engga, even ada soal yang tinggal masukin angka aku ga jawab saking paniknya :") induk kelima tentang suara kaitannya dengan efek doppler, setengahnya bisa, setengahnya lagi gatau samsek :) 60 menit selesai, cukup banyak soal ragu yang aku tembak jawabannya. Tapi gapapa nembak karena monbu ga ada sistem minus hehe. Fisika ini bikin aku agak kecewa sih karena kurang maksimal banget .-. tapi aku tetep bersyukur karena jika aku kira2 nilaiku masih aman di sekitaran 70-80 dari 100.

Tes hari pertama beres, aku langsung pulang ke rumah dan langsung tidur begitu aja, ga mikirin tes tadi sama mikirin tes besok hehe jadi aku ga belajar lagi buat besok.

Tes hari kedua itu ada Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Jepang. Tes pertama Bahasa Inggris. Karena aku ga terlalu jago bahasa inggrisnya, aku seperti yaudah gitu ga mikirin bener atau engganya yang penting enak dibaca aja WKWK. Selanjutnya matematika. Kalau yang milih jurusan IPA, math dapetnya yang math B, lebih advance soalnya dibanding math A yang buat jurusan IPS. Math B seperti biasa ada 3 soal induk, soal induk pertama ada 5 soal. Soal induk kedua dan ketiga kayak essay jadinya. Soal induk pertama alhamdulillah lancar, soal induk kedua aku bener-bener panik. Jadi tentang peluang tapi susah asli, bisa dikerjain cuma sepertinya aku teledor. Soal no 2 di tes monbu mtk memang selalu susah tiap tahunnya heu. Soal induk no 3 ternyata kalkulus 1 -.- mampus aku sempet ga review materi tentang luas permukaan dan volume pake integral jadi bener-bener hancur aku di math B :" 60 menit selesai, aku bener-bener kecewa. Banyak banget part soal yang aku gabisa jawab, aku kira-kira mungkin cuma bisa dapet poin 60-65 aja dari 100 :") Soal tahun 2020 bener2 susah banget math B nya, pas tahun 2019 aku bisa jawab semua padahal :" Tes terakhir adalah bahasa jepang. Karena aku gabisa, yaudah, aku jawab A semua aja HAHA soalnya kata kakak-kakak pengawas ujiannya diusahakan jangan kosong lembar jawabannya, yaudah gaskeun!!

Tes tulis monbu telah terlewatkan. Akhirnya aku sudah bisa sedikit lega, namun aku harus menunggu pengumuman lolos tes tulis 3 minggu dari tes tulis. Aku benar-benar pasrah dan cuma bisa banyak doa.

Tips & Tricks Tes Tulis:
1) Usahakan nilai kalian semaksimal mungkin di mapel yang erat kaitannya dengan jurusan yang kalian pilih. Misal kalo kamu milih jurusan mathematics, math B kalian harus bagus semaksimal mungkin. Kalo Chemical Engineering berarti Kimia dan Fisikanya harus bagus dan seimbang
2) Jangan tinggalkan lembar jawaban kosong begitu saja karena mereka tidak mengadakan sistem minus, but i dunno for the next year about that rule still same or not
3) Jangan lupa tulis jawaban akhir sesederhana mungkin karena yang aku dengar para pengoreksi hanya melihat jawaban akhir saja tanpa melihat proses kerja anda
4) Bahasa Jepang tidak menjadi prioritas untuk kalian yang memilih jurusan IPA. Untuk jurusan IPS Bahasa Jepang adalah senjata andalan untuk bisa lolos ke tahap wawancara
5) Tenang dan jangan panik! Dan jangan lupa banyakin doa

3. Wawancara
Di tanggal pengumuman lolos tes tulis (2 Agustus 2019), aku bener-bener pasrah. Aku refresh-refresh terus web kedubes tapi belum muncul-muncul link pengumumannya HAHA sampai sore pun belum ada. Kalo ga salah deket ke maghrib baru muncul linknya dan aku sontak buka filenya sambil gemeteran tangan aku dan ......


nomor aku ada lagi Alhamdulillah. Aku lolos ke tahap wawancara yang akan dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2019, maka dari itu aku melakukan persiapan wawancara karena wawancaranya nanti pakai bahasa inggris wkwk :( aku melakukan persiapannya kayak ngelist daftar pertanyaan yang sering ditanyain di wawancara monbu gitu, aku cari-cari pertanyaannya dari blog para senpai terdahulu hehe.

Tanggal 13 Agustus tiba. Aku sudah bersiap diri untuk wawancara monbu dari segi pakaian, mental, dan isi otak wkakaka. Memang typical aku banget, aku hampir telat sampai kedubes Jepang HAHA aku panik banget sih waktu itu, udah mah jalan kaki dari stasiun sudirman ke kedubesnya, sampe-sampe keringetan, lumayan kacau juga sih pikirannya saat itu. Pas aku udah sampai kedubes udah banyak peserta lain yang lolos ke wawancara. Di sana aku kenalan walau aku masih agak kurang nyaman karena aku lumayan basah kuyup gegara keringetan :( nah setelah itu kami naik ke lantai 2, duduk di sebuah ruangan seperti aula. Kakak-kakak kedubes menyampaikan ucapan selamat dan memberikan panduan untuk apa saja dokumen-dokumen yang diperlukan di saat kita lolos seleksi wawancara. Setelah itu wawancara dibagi menjadi 5 kloter (kalo ga salah). Aku baru mau nyantai di ruangan aula eehhhhh nama aku dipanggil, pertama lagi astagaaa -,- dalam hati PANIK PANIK WKWK. Jadi aku wawancara di kloter pertama bersama 3 peserta lainnya, yaitu Deris, Nanda, dan Talitha. Seharusnya kami berlima, tapi satu ga hadir (wadooo udah wawancara malah ga dateng :( ) Deris ini udah aku kenal karena bener-bener temen seperjuangan aku banget wkwk dia sama nasibnya sama aku, nyoba monbu lagi. Dia anak Fisika UI :") Nanda aku sempet kenal dia di online, dia sempet jadi admin Q&A juga bareng aku hehehe, dia lagi kuliah di FTI ITB. Kalo Talitha aku bener-bener baru kenalan, dia sekarang kuliah di FTMD ITB. Nanda dan Talitha ini anak OSN gaes :") aku mah apa, cuma remahan kukis paling hueee :")

Kami berempat diwawancarai oleh 3 pewawancara, 2 orang indo (penerima monbu tahun lawas :v ) dan 1 orang Jepang langsung. Yang dari indo ini tidak berubah gaes orangnya, taun lalu beliau-beliau juga yang jadi pewawancaranya, mereka alumni jurusan psikologi. Wawancara berjalan dengan asik, tidak tegang, pewawancaranya sangat ramah-ramah. Pertanyaan yang dilontarkan pun sama dengan apa yang telah aku persiapkan. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang masih aku ingat:
1) Tell about yourself (ini pasti sih)
2) Apakah siap meninggalkan kampus yang sedang dijalani?
3) Bagaimana anda menghadapi stress?
4) Ceritakan apa yang kalian tau tentang Jepang dari segi kebudayaan!
5) (Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat personal, tergantung nanti kalian bawa diri kalian ke arah perbincangan mana hehe)

Selesai juga wawancara, ga kerasa katanya sudah berjalan waktu selama 45 menit wakakka lama sekali yaah. Setelah itu yang sudah wawancara boleh pulang, tapi aku memilih kembali ke aula sejenak untuk mengobrol dengan peserta lainnya. Btw, mereka sangat ramah-ramah banget! Secepat itu kami akrab satu sama lain sampe-sampe kita semua masuk ke satu grup line HAHA! Dabest banget sihh :") . Aku kayak bener-bener bersyukur banget bertemu dengan mereka hehe. Aku sempat berfoto juga hehe

Dari kiri ke kanan Nanda, Dio, Ronald (aku), Deris
Pengumuman yang lolos seleksi wawancara diumumkan lusanya. Aku pasrah sih, dari 30 sepertinya akan dipotong menjadi belasan. Aku cukup puas dengan wawancaranya meski ada rasa nyesel karena ada yang perlu aku keluarkan di wawancara tapi ga aku keluarin heuu. Biar aku lupa dengan monbu ini besoknya aku ikut seminar dari di Balai Sidang UI hehe

Secondary Screening

15 Agustus 2019, aku sedang mengantarkan papa ku terapi. Saat itu aku ingat kalo hari itu adalah pengumuman lolos seleksi wawancara, cuma aku berpikir sepertinya sore akan baru keluar, maka dari itu aku ga terlalu sering ngecek hape buat liat ada email masuk atau engga (Pengumuman dikirim ke peserta melalui email baik yang lolos maupun tidak). Tiba-tiba ada notif dari grup line kalau pengumuman udah keluar, hah? secepat ini kah? aku cek hape aku pun ga ada notif email masuk, eh pas dicek ternyata EMANG UDAH KELUAR WOI! Argh panik panik panik, aku download file pengumumannya, dan Alhamdulillah, aku masih diberi kesempatan untuk melaju ke secondary screening, tahap yang benar-benar tinggal doa yang dapat membantu.


Aku seneng banget udah sejauh ini dan aku seneng juga temen sekloter wawancara lolos semua yeyy! Untuk secondary screening aku diminta melengkapi berkas-berkas yang diperlukan yang nantinya akan dikirim langsung ke MEXT/ Pemerintah Jepang di sana sebagai contoh raport, ijazah, application form, dll yang mana sudah harus berbahasa inggris semua. Aku juga harus Medical Check-Up yang cukup merogoh uang wkwk.

Aku resmi dinyatakan sebagai "Calon Kandidat Monbukagakusho Indonesia" dan berkas-berkas aku akan bersaing dengan kandidat-kandidat yang direkomendasikan dari negara-negara lain. Tahap ini bener-bener menyiksa aku karena aku pernah ngalamin sebelumnya hehe :") yang aku bisa lakuin sekarang cuma doa,doa, dan doa. Di satu sisi, aku sangat takut banget jadi seperti tahun lalu yang pada akhirnya aku dinyatakan ga lolos seleksi akhir. Namun Aku selalu berdoa kepada Allah supaya memberikan yang terbaik untukku, apakah aku akan melanjutkan studiku di Jepang atau tetap stay di TI UI. Jika monbu adalah jalan yang terbaik buat aku, tolong permudahkan.

Karena proses menunggunya berbulan-bulan, aku beraktivitas seperti biasa di UI seperti kuliah dan ikut semacam organisasi dan juga lomba-lomba untuk menyibukkan diri dan berharap bisa melupakan sejenak tentang monbu ini hehe. Jujur di masa-masa itu ketika keinget monbu aku jadi tiba-tiba bad mood atau good mood gitu :(( aneh banget.

Tak terasa udah November akhir, di mana pengumuman monbu 2019 keluar pas akhir november, tapi pengumuman monbu 2020 belum keluar juga. Kami yang sedang menunggu pengumuman akhir resah berjamaah WKWK dan di grup line banyak sekali prank bertebaran, memang gabut ya anak-anak monbu. Pas awal desember ada email masuk dari kedubes, tak kira pengumuman final udah keluar kan, gataunya cuma informasi doang kalo mereka pun belum dapat pengumumannya dari Jepang langsung -.- Dari situ kami membuat meme seperti ini, ngakak sekali memang WKWK


Ujian Akhir Semester di UI mulai tanggal 16 Desember 2019, sedangkan pengumuman secondary screening belum kunjung tiba juga. Masya Allah bener-bener ga mood banget waktu itu sumpah, aku males banget buat belajar UAS karena kepikiran terus sama monbu ini :"))) stress parah HAHAHA di tanggal segitu juga banyak hoax bertebaran lah kayak pengumuman di suatu negara udah keluar ... Akhirnya aku ngerjain UAS seadanya dong :( belajar mah belajar cuma ga maksimal banget, atuhh kepikiran mulu sama monbu ini :")

18 Desember 2019 aku lagi ga ada ujian. Siang-siang waktu itu aku lagi ML (re: main Mobile Legends) tapi sebel kalah mulu mainnya -.- makin bete banget astaghfirullah, tapi akunya main mulu -,- sampe kapok yaudah selesai, buka line, notif grup monbu banyak, cuma udah biasa sih kayak gitu, pas diliat isinya UDAH KELUAR BAMBANK. YA ALLAH YA ALLAH kenapa sihhh nih hape kalo ada email penting ga ada notifnya gituu, akhirnya aku cek email dan BENERAN UDAH KELUAR. BENERAN ADA FILENYA, INI BUKAN PRANK!!11!!!11! Aku ga mikir banyak, pikiran ku benar-benar kosong, aku buka filenya, ISINYA

NOMOR AKU ADA!! YA ALLAH, BENER-BENER GA NYANGKA, sempet nampar muka dikira mimpi, ternyata BENERANN!! Aku reflek bilang "MAAAA AKU LOLOS MONBU", aku meluk mama aku dan juga papa aku, aku merasa sangat bersyukur saat itu sekaligus bercampur senang dan haru. Finally aku selangkah lebih dekat ke cita-cita ku. Jujur aku sampe sekarang masih ga percaya loh, aku bakal berangkat ke JEPANG :"))) Aku sangat bersyukur pengorbanan aku selama ini sampai berbulan-bulan akhirnya terbayar sudahh :")

Saat ini aku sedang menunggu penempatan sekolah bahasa, mungkin cerita aku sampai sini dulu hehe. Bagi kalian yang mau nanya-nanya sabi banget tulis komentar di sini atau email aku mangga ada di bawah, mau nanya lewat Instagram juga bisa bangett. I'm very open to you all guys. Semoga dari cerita aku ini bisa membawa positif vibe ya untuk kita semua. See you at the next post guys!

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Pengalaman Beasiswa Monbukagakusho S1 (Gakubu) 2020"

  1. Huhuu sediiiiih bakalan makin jauh ama kamuu. Tp lebih banyakan senengnyaa. Akhirnyaaa ya naaal wkwkwk. Alhamdulillaah. Terharu ih sumpah bacanya. Selamat Ronald!! Semangat ya disana jgn males malesan, jangan ML mulu, jangan lupa solat, jangan lupa oleh oleh juga kalo pulang hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak san :") makasih dukungan2nya :") Oke siap (Oleh2) wkwk

      Hapus
  2. Terharu banget saya bacanya kang :"" selamat kang 🎉 alhamdulillah akhirnya tercapai!! Jangan lupa kang sama indonesia dan sholatnya kang, juga oleh2 tentunya wkwk. Sukses dan semangat selalu!! Dan tahun depan, semoga saya bisa nyusul juga ke jepang (aamiiin) wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih ya ipeh. Aamiin Aamiin, susul aku ya di taun depan hahahaha

      Hapus
  3. Kereeeen banget kakaaaa. Semoga kaka sukses selalu di "The Land of Rising Sun" dan tetap humble dan menjadi the best di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih mik. Semangat terus kuliahnya, semoga apa yang lu cita2in terkabul ya

      Hapus
  4. Terharu.. Keren banget deh kamu nald!! Sukses terus! Tetep update blognya yaa, biar bisa denger kabar di sana!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh lulu, makasih banyakkk :" teh lulu juga keren :"" oke siap teh ditunggu aja ya updateannya hehe

      Hapus
  5. Ronalddd congrats yaaa wkwk maaf telat:( keren bangeeett doain aku bisa nyusul hehehe sukses terus naaldd!!! makasih juga atas ilmu2 yang sudah dibagii

    BalasHapus
  6. Keren banget kak!! Doain aku ya semoga bisa ikut kakak ke Jepang di tahun 2022!!!

    Kak btw kakak dapet soal-soal diatas tahun 2016 dari mana ya? Aku ga ketemu soalnya hehe. Makasih!

    BalasHapus
  7. Keren Kak aku juga udah nonton video kakak di youtube. Aku bakalan nyobain gakubu di tahun 2021 kak. Doain ya kak, aku juga mau masuk chemical engineering sama information engineering kak. Doain aku ya kak:)
    Bismillah aku pasti bisa🥺

    BalasHapus