My Pathway To Become NTU Student : Pengalaman Diterima di Jurusan Favorit NTU



Halo semuanya! Selamat datang di postingan pertama gua. Sebelumnya perkenalan dulu aja kali ye haha, kenalin gua Ronald, sekarang kuliah di UI jurusan Teknik Industri angkatan 2018, gua adalah manusia yang biasa-biasa aja yang sekarang mencoba mengulang kembali kebiasaan waktu SMP, yaitu bikin postingan di blog (yeyy). Sedikit cerita aja, jadi dulu pas SMP gua punya sedikit pengalaman di dunia blogger dalam memposting hal-hal yang berbau tutorial-tutorial kayak tutorial game sama tutorial blog. Namun setelah masuk SMA, gua meninggalkan kebiasaan itu karena emang sibuk kali ya SMA tuhh :( .Nah Insya Allah sekarang gua bakal  ngelanjutin kebiasaan bikin postingan lagi yang isinya pengalaman-pengalaman yang menurut gua menarik dan juga gua harap bisa bawa efek positif ke kalian-kalian semua yang baca blog gua hehe.

Nah di postingan pertama ini gua bakal share pengalaman gua ikut seleksi NTU. Bagi yang belum tau, NTU (Nanyang Technological University) adalah salah satu universitas di Singapore yang merupakan universitas terfavorit sekaligus sangat bergengsi di tingkat Asia maupun tingkat dunia. Ranking NTU di tingkat Asia berada di peringkat 3, yaitu setelah NUS (National University of Singapore) dan University of Hongkong. Sedangkan di tingkat dunia, NTU berada di posisi 12. Mungkin jika dibandingkan dengan universitas yang ada di Indonesia itu sangat jauh sekali peringkatnya karena UI saja berada di peringkat 292 untuk tingkat dunia. Di NTU banyak banget sekolah-sekolahnya (mungkin di Indo disebutnya fakultas), yaitu ada Nanyang Business School; College of Humanities, Arts, and Social Sciences; College of Engineering; College of Science; Lee Kong Chian School of Medicine; dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, gua berniat ikut seleksi NTU pas gua kelas 12, tapi waktu itu posisi gua kayak baru tau banget NTU itu apa dan pendaftaran seleksi NTU waktu itu bentar lagi bakalan ditutup. Yaudah karena kurangnya persiapan mental, gua mengurungkan niat itu dan mencoba untuk merealisasikan di tahun depannya, yaitu tahun ini. Gua bakal ngejelasin secara gambaran umumnya aja bagaimana proses seleksi NTU, kalo kalian tertarik banget buat melanjutkan mimpi kalian di NTU, kalian bisa baca guidelinenya secara lengkap di sini. Jadi biasanya NTU buka pendaftaran di bulan Oktober-Desember tiap tahunnya. Proses seleksinya lumayan singkat, yaitu seleksi berkas, tes tulis, dan interview scholarship (jika diberi kesempatan mendapatkan scholarship).

Tahapan pertama seleksi yaitu seleksi berkas. Di tahap ini kalian diminta untuk mengisi form online yang sudah disediakan kurang lebih berisi data pribadi, orang tua, sekolah, nilai raport, dan pilihan jurusan. Nilai raport diperuntukkan bagi yang masih berada di kelas 12 SMA, sedangkan untuk yang sudah lulus di tahun-tahun sebelumnya dipergunakannya nilai UN. Untuk pilihan jurusan, kalian diberi kesempatan memilih maksimal 5 jurusan dan minimal 1 jurusan. Di NTU ini gua milih jurusan dengan urutan berikut :
Pilihan 1 : Chemical & Biomolecular Engineering (CBE)
Pilihan 2 : Computer Science (CS)
Pilihan 3 : Electrical & Electronic Engineering (EEE)
Pilihan 4 : Math
Pilihan 5 : Chemistry
Setelah kalian mengisi form onlinenya, kalian akan mendapatkan email berisi application number yang kira-kira seperti ini
Dari situ kalian harus membayar application feenya sebesar 20 SGD dan mensubmit dokumen-dokumen seperti raport, ijazah SMP, kartu identitas, dll di link yang disediakan. Kelebihan dari pendaftaran NTU adalah kita tidak harus mentranslate dokumen-dokumen tersebut ke dalam Bahasa Inggris. NTU akan menerima dokumen-dokumennya walaupun berbahasa Indonesia. Lumayan banget kan jadi ga nambah biaya lagi ke penerjemah tersumpah deh hehehe.

Setelah selesai semua, kalian harus menunggu kurang lebih satu bulan untuk tahu apakah kita dipanggil untuk tes tulis atau tidak. Seleksi tes tulis NTU lebih akrab dengan sebutan UEE NTU (University Entrance Examination). Waktu itu gua ga terlalu mikirin hal ini sih karena sibuk mempersiapkan UAS di UI HAHAHA. Gua sebagai maba UI kayak baru ngerasain banget deg2annya UAS gitu :) apalagi matkulnya kayak kalkulus gitu kan :). Gua UAS terakhir itu pas tanggal 2 Januari 2019, setelah itu liburan semester deh dan masuk lagi tanggal 4 Februari 2019. Tanggal 5 Januari gua iseng-iseng buka gmail kan, waktu itu ga kepikiran samsek akan NTU, eh ternyata pengumuman panggilan UEE NTU udah sampe dari kemarin malemnya. Alhamdulillah isinya kayak gini
Email Panggilan UEE NTU
Yap, gua diundang untuk "mencicipi" bagaimana rasanya mengikuti UEE NTU. UEE NTU dilaksanain di IPEKA Plus BSD, Tangerang Selatan. Lihat lokasi tesnya lumayan shock juga karena jauh banget dari rumah :') rumah gua di Bogor btw hehehe... Tapi sih udah pasti lebih jauhan yang di luar pulau Jawa wkwk. Yang lebih shocknya lagi, tesnya tanggal 26-27 Januari!! Kira-kira waktu yang tersisa tinggal 3 minggu dari pengumuman menuju tesnya. Mau gamau gua harus ngebut banget belajarnya. Ditambah lagi gua dapet tes Math dan English di hari pertama sama Physics dan Chemistry di hari kedua. Karena gua milih jurusan Chemistry, secara otomatis gua dapet tes kimia juga :'). Wajibnya sebenernya Math, English, dan Physics/Chemistry (salah satu). Oke, dalam 3 minggu itu gua harus kejar materi-materi yang banyaknya minta ampun -_-. Oiya, UEE NTU ini soal-soalnya ga kayak UN ya, tingkat kesulitannya mungkin di atas SBMPTN dan mendekati OSK SMA (menurut gua ya :v). Nah biasanya dikenal dengan sebutan "A-Level". Jadi tes yang bakal gua dapetin itu berarti Math A, Physics A, dan Chemistry A. Bagi kalian yang belum tau maksudnya A-Level itu gimana bisa dicari tau di Google ya hehe. Intinya adalah SUSAH! Hmm ga susah sih, sebenernya soalnya simple tapi bener-bener konsep coy, bikin pusing wkakaka. Buat yang penasaran soal UEE NTU gimana bisa langsung download aja link di bawah ini

Sample Paper Math A
Sample Paper English
Sample Paper Physics
Sample Paper Chemistry

Untuk mempersiapkan UEE NTU, gua belajar sendiri selama 3 minggu secara sungguh-sungguh. Metodenya itu bikin jadwal gitu biar lebih terarah. Selama 3 minggu itu per harinya gua ga belajar nonstop kok, kayak diselingin buat hal-hal lain, tapi kayaknya kalau dipikir-pikir waktu yang digunakan kebanyakan buat hal-hal lain deh dibanding buat belajar wakakaka(ini jangan dicontoh ya :( ). Karena waktu lumayan singkat juga, gua terpaksa hanya mengulas materi yang sudah diajarkan di SMA dan mempelajari materi baru. Di kisi-kisi yang diberikan, ada materi-materi yang memang tidak diajarkan di SMA namun masuk ke dalam tes -_-. Untuk Math A, gua harus mempelajari dan memperdalam materi Vector, Complex Number, Infinite Series (Maclaurin Series), First Order Differential Equations, dan Statistics & Probability (Binomial Distribution, Poisson Distribution, Normal Distribution, etc). Gua sangat kesulitan dalam mempelajari materi vector karena dari SMA ga suka gitu wkakkaka. Apalagi vectornya tuh kayak bukan vector SMA lagi, kayak udah materi matkul Aljabar Linier :'). Untuk Physics tidak terlalu bermasalah karena tidak ada materi yang dianggap 'baru', semuanya sudah diajarkan di SMA, cuma ya harus mengulang dan memperkuat lagi konsep-konsep dasarnya karena kebanyakan udah lupa gitu .-. Untuk Chemistry, kimornya bikin gua kurang tidur :') banyak banget materinya sumpah dan u know lah di SMA tuh buat kimor jarang banget ditekenin, mau ga mau waktu itu harus belajar kimor dari buku kuliahan, namanya McMurry. Sebenernya biasanya pada pake Fessenden sih buat kimor, tapi punyanya McMurry ya gimana yak wkkwkwk. Gara-gara itu semua, Englishnya terlupakan gitu wkwkw.

Tiba saatnya UEE NTU. Jujur saja, gua tidak berhasil dalam mengejar materi fisika dan kimianya. Materi fisika yang ga kekejar itu fisika modern, kalau materi kimia yang ga kekejar tentang biomolekul kayak protein, karbohidrat, ikatan amida + reaksi-reaksinya, dan masih ada lagi. Di situ kayak udah pasrah aja, waktu itu bener-bener doanya dikencengin banget dan berharap soal yang muncul itu yang gua bisa dan yang belum dipelajari itu ga muncul atau muncul tapi gampang hehe. Gua untuk bisa sampai ke tempat tes menggunakan kereta dan ojol, kira-kira total perjalanan itu 2,5-3,5 jam, emang bener-bener jauh dan cape :'). Tapi rasa capenya itu masih terkalahkan sama semangat gua dan selalu beranggapan bahwa gua udah sampai sejauh ini, sayang banget kalo misalkan nyerah gitu aja kan (apa dah nald lebay banget wkwk). Pada akhirnya sampai di lokasi tes.

Banyaknya peserta yang ikut UEE NTU 2019 seinget gua 210-an se-Indonesia. Diliat dari nama-nama pesertanya kayak udah familiar banget, anak OSN semua :" Di sana ada kakak-kakak gitu yang ngasih informasi-informasi terkait UEE NTU ini, point terpentingnya yaitu yang diterima menjadi mahasiswa NTU tak akan sampai 100 peserta banyaknya dan yang berkesempatan mendapatkan full scholarship sebanyak 10-15% dari peserta yang lulus. Memang, kecil banget peluangnya :"). Daripada memikirkan itu, lebih baik fokus ke testnya wkwk. Jadi kami diarahkan untuk masuk ke dalam hall. Saat test, terdapat invigilator yang sepertinya tau segala hal tentang NTU. Sayangnya, informasi yang disampaikan tidak tertangkap secara sempurna oleh gua karena posisi duduk gua di belakang dan kemampuan listening gua bisa dikatakan hancur :") ditambah lagi logatnya yang beda banget ... udah deh kelar. Jadi waktu itu gua cuma mengikuti apa yang dilakukan peserta lain wkwkw :( malu-maluin banget emang.

Hari pertama yaitu Math A dan English. Tes pertama yaitu Math A. Waktunya 2 Jam. Math A ini ada 4 soal induk yang mana masing-masing induk punya anak wkwk dan tiap soal sudah ada bobot-bobotnya. Soal pertama yaitu tentang Function yang kaitannya sama turunan dan fungsi trigonometri. Ini relatif mudah. Soal kedua yaitu Statistic & Probabilistic. Jadi 2A tentang binomial, seharusnya gampang tapi setelah tes menyadari ada kasus yang salah logikanya :( 2B tentang peluang biasa, gampang banget karena langsung ketemu, 2C tentang fungsi statistik apalah itu gua ga ngerti banget, akhirnya itu ke skip hehe :) Soal ketiga yaitu Vector and Complex Number. Bersyukurnya vector yang muncul gampang banget, cuma dot product aja :") complex numbernya juga mayan gampang karena udah belajar juga tentang itu. Soal keempat yaitu kalkulus. 4A soalnya ada 2, yaitu nyari integral tak tentunya. Bentuk integralnya susah banget, dibikin ngestuck gitu :") akhirnya cuma bisa 1 aja. Terus 4B tentang first order persamaan turunan yang soalnya ada 2 juga, karena belum terlalu paham juga akhirnya cuma kejawab 1 juga. Jadi overall target Math A ini nilainya 75-85% ._.

Tes kedua di hari pertama yaitu English. 2 jam juga sama. Jadi bagian pertama yaitu nulis essay sebanyak 400 kata, dikasih 2 tema gitu dan harus pilih salah satu, tapi gua cuma inget tema yang gua pilih, yaitu temanya kurang lebih "Jika Anda diberi kesempatan untuk tinggal di luar negeri, negara manakah yang Anda pilih? Kemukakan alasan Anda!". Alhamdulillah di section ini lancar. Bagian kedua itu ada reading, 10 soal, lumayan sih menurut gua ._. Bagian ketiga itu vocabulary, ada 5 soal. Bagian terakhir itu mengisi teks rumpang, ada 20 nomor, cluenya cuma huruf awalnya aja, ini menurut gua yang paling susah dibanding bagian-bagian lainnya. Untuk keseluruhan English bisa dikatakan aman walau inggris gua bobrok bener :(

Hari kedua yaitu Physics dan Chemistry. Waktu sama-sama 2 jam. Physics ada 30 PG 4 Essay. Buat PGnya lumayan gampang, topiknya ga jauh jauh dari mekanika, dinamika, fluida, benda tegar, termodinamika, listrik&magnet, gelombang, dan fisika modern. Nah di fisika modern ini kayak yaudah, jawabnya pake logic gitu karena di PG ini ga ada minus, jadi ya nembak apa salahnya gitu kan wkwkakaka. Akhirnya PG kejawab semua (mungkin nembaknya sekitar 2-4 soal). Essaynya mayan susah dong :") no 1 tentang gerak parabola. Padahal simple, tapi ribet banget :" sampe-sampe gua ngawur gitu jawabnya :( (ini tersadarkan ketika setelah tes :) ). No 2 tentang dinamika. Pembuktian rumus gitu kan, entah kenapa gua gabisa samsek :", akhirnya ga beres sampai akhir. No 3 tentang termodinamika. Mayan gampang cuma lupa rumus usaha pada gas dalam keadaan adiabatis :( akhirnya cuma setengah gitu. No 4 tentang medan listrik, Alhamdulillahnya gampang :") . Fisika kayak cuma yakin 70-80% doang gitu :(

Chemistry ada 25 PG 5 Essay. PGnya lumayan susah buat kimornya, buat kimdasnya gampang. Kimornya harus mikir 2 kali gitu njir :" tapi Alhamdulillah akhirnya kejawab semua PGnya. Buat Essay juga lumayan mudah, ga sesusah fisika tadi :") gua ga terlalu inget buat kimia ini, yang gua cuma inget tuh bagian yang gua gabisa aja gitu hmm jadi ada soal yang nanya mekanisme reaksi A+B tuh gimana, dijelasin pake struktur-struktur gitu yang serah terima elektron, itu ribet pokoknya wkwk berhubung gua ga belajar dalem banget kimor ini. Di antara semua tes, kimia paling yakin karena yakin bisa 85-95% benernya.

Setelah UEE berakhir, kepikiran terus apakah lolos atau enggak yah, terus juga dapet beasiswa fullnya atau engga yah. Lumayan dilema juga memikirkan itu karena diliat dari keyakinan nilai tes, takut banget ga dapet full scholarship gitu '-'. Terus gua tanya-tanya temen gua kan yang udah di NTU/NUS, katanya dengan nilai segitu kayak udah ga aman gitu :"" Sumpah takut banget :" Btw pengumumannya 1 bulan setelah tes. Karena UI sudah masuk kembali, gua sempat melupakan tentang hal itu.

Tanggal 5 Maret 2019, waktu sore-malam itu posisi gua sedang asistensi gambar teknik. Sekitar jam 7 malam gua dapet chat dari temen yang juga ikut tes NTU bilang kalo pengumuman NTU udah keluar dongggggg. Seketika deg2an gitu kan dan langsung cek email sampai refresh-refresh terus gitu wkwkwk :( atuh ya sebelum direfresh-refresh belum muncul-muncul emailnya. Seketika emailnya masuk, gua buka, dan isinya ...
Letter of Offer
Sumpah, kayak sampai sekarang tuh masih ngerasa kalo ini bukan kenyataan :") masih ga percaya kalo itu tuh beneran gitu, lolos di pilihan pertama di mana yang katanya jurusannya susah banget buat ditembus .-. Saat itu kayak gua bersyukur banget dan langsung ngabarin ke ortu, ortu senangnya minta ampun, apalagi papa :(

Namun, euforia tersebut harus tertahan terlebih dahulu karena harus menunggu email pengumuman beasiswa fullnya. Seminggu kemudian seseorang bertanya, "Nald, hasilnya gimana dan keputusan lu ke depannya gimana?". Jawabannya adalah ....... ada di postingan berikutnya ya ;) So ikutin terus ya hehe ;)

Jika postingan ini menurutmu bermanfaat, dapat dishare ke siapapun yang membutuhkan ya :) Untuk kalian yang ingin bertanya maupun memberikan kritik & saran, dapat diketik di kolom komentar ya :) Terima kasih semuanya.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "My Pathway To Become NTU Student : Pengalaman Diterima di Jurusan Favorit NTU"

  1. Keren Bang, Makasih bngt udah cerita, Gw pribadi pengen bngt nyoba NTU, mnurut gw ilmu gw msih sempet untuk dikembangin, karena (bukannya sombong) sma gw lumayan bergengsi, tapi masalahnya gw g ngepush nilai rapot gw dari awal, jadinya nilai rapot apalagi SAINTEK g terlalu bagus, palingan yang lumayan cuman Fisika, sedangkan yg pling ga aman itu Mtk, padahal dulu wktu smp mtk gw pling gila di kelas :( kira2 gw coba aja g bang? apakah nnti kayak ada standar nilai minimum gitu?

    BalasHapus