Berawal dari Keresahan dalam Merealisasikan Cita-Cita





Halo semuanya. Kenalin namaku Ronald, aku sekarang lagi kuliah di UI jurusan Teknik Industri (TI) angkatan 2018. Nah di saat aku baru lulus SMA tahun 2018 sebenernya aku ikut monbu juga yang S1 untuk keberangkatan tahun 2019, namun unfortunately aku gagal di rangkaian seleksi paling akhir, yaitu Secondary Screening :") Aku kayak sedih banget gitu lho karena udah nungguin berbulan-bulan tapi DUAR, ga ada nomor peserta aku di file pengumuman final :( Setelah itu aku nyoba daftar seleksi masuk NTU (Nanyang Technological University) di tahun 2019 dan Alhamdulillah aku keterima di jurusan Chemical Engineering. Rasanya aku seneng banget waktu itu, tapi karena aku ga dapet beasiswa fullnya aku memutuskan untuk reject offer tersebut...Sedih? banget. Btw yang mau tau pengalaman aku bisa dapetin NTU kalian bisa baca di sini ya. 

Aku kenapa kayak ngebet banget mau kuliah di luar negeri padahal aku udah dapet jurusan terbaik di Fakultas Teknik UI karena pertama, itu adalah cita-cita aku dari SMA, aku pengen banget mengenyam pendidikan di luar negeri dan ilmu yang aku dapetin nanti bisa aku terapkan di Indonesia nanti. Kedua, ternyata aku salah jurusan, setelah aku berkuliah satu semester di TI UI, aku baru mengetahui bahwa ke depannya TI bakal belajar banyak banget tentang business dan management, tbh aku ga punya jiwa entrepreneur dan aku ga terlalu suka, apalagi aku mengetahui bahwa semakin semester ke atas fisika kimia makin dikit bahkan ga ada .-. Ketiga, aku mau bikin orang tua aku bangga. Papa ku terkena stroke pas aku kelas 12, hal ini berefek kepada keadaan finansial keluarga aku karena papa yang biasanya mencari uang. Mama ku hanya ibu rumah tangga, aku anak pertama dan adik ku baru SMK. Aku penerima beasiswa bidikmisi di UI jadi aku bersyukur tidak memikirkan UKT per semester, namun uang saku yang aku dapatkan per bulan aku rasa kurang dari kata cukup. Walau saudara aku membantu finansial keluarga aku, tetapi masih kurang. Aku pun akhirnya kerja sebagai tutor privat di berbagai bimbel untuk menambah uang saku aku dan juga ikut membantu finansial keluarga aku. Alhamdulillah tercukupi, namun waktu ku cukup terkuras karena harus mengajar, hal ini cukup mengganggu perkuliahan aku (makanya aku jarang ikut organisasi/kepanitiaan di kampus).

Aku pengen banget bisa bantu lebih orang tua aku dan buat bangga mereka, aku juga pengen bisa fokus kuliah di jurusan yang aku minatin dan ingin bawa perubahan yang lebih untuk Indonesia ke depannya. Maka dari itu setelah aku mempertimbangkan dari segala aspek, aku memutuskan untuk mengikuti beasiswa Monbukagakusho S1 lagi untuk kedua kalinya. Aku meyakinkan diriku sendiri dan juga senantiasa meminta pertolongan Allah bahwa mengikuti monbu untuk kedua kalinya adalah jalan yang terbaik dalam menyelesaikan keresahanku dan meraih cita-citaku, despite aku harus mengorbankan waktu selama 3 tahun lebih lama dalam meraih gelar S1...

But it's okay :)

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Berawal dari Keresahan dalam Merealisasikan Cita-Cita"